Resep Ayam Ngohiong

Bahan-bahan:



1. 500 gram daging ayam cincang


2. 2 buah wortel, dipotong dadu kecil


3. 2 batang seledri, dicincang halus


4. 2 buah bawang putih, dicincang halus


5. 2 butir telur ayam, dikocok lepas


6. 3 sdm tepung sagu


7. 1 sdt garam


8. 1/2 sdt merica bubuk


9. 1 sdt gula pasir


10. 1/2 sdt kaldu ayam bubuk


11. 2 sdm minyak sayur untuk menumis


12. 15 lembar kulit lumpia



Cara Membuat:



1. Campurkan daging ayam cincang, wortel, seledri, bawang putih, telur ayam, tepung sagu, garam, merica bubuk, gula pasir, dan kaldu ayam bubuk dalam satu wadah. Aduk rata hingga bahan-bahan tercampur sempurna.


2. Panaskan minyak sayur dalam wajan. Tumis adonan ayam hingga matang dan harum. Angkat dan dinginkan.


3. Ambil satu lembar kulit lumpia dan letakkan di atas permukaan datar. Letakkan satu sendok makan adonan ayam di atas kulit lumpia, ratakan hingga membentuk persegi panjang. Gulung kulit lumpia hingga setengah bagian, lipat ke arah kanan dan kiri. Lanjutkan menggulung hingga membentuk ngohiong. Ulangi proses ini hingga semua adonan ayam habis.


4. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ngohiong hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


5. Sajikan ayam ngohiong dengan sambal kecap atau saus cabai sesuai selera.



Informasi Nutrisi:



1. Kalori: 170 kalori


2. Protein: 12 gram


3. Lemak: 7 gram


4. Karbohidrat: 14 gram


5. Serat: 1 gram


6. Kolesterol: 70 mg


7. Natrium: 200 mg


8. Kalium: 250 mg


9. Kalsium: 20 mg


10. Zat besi: 1 mg


Ayam ngohiong adalah salah satu makanan khas Tionghoa yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari daging ayam cincang yang dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng hingga kuning kecoklatan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat ayam ngohiong menjadi makanan favorit banyak orang.


Untuk membuat ayam ngohiong, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti daging ayam cincang, wortel, seledri, bawang putih, tepung sagu, dan kulit lumpia. Bahan-bahan ini kemudian dicampurkan menjadi satu dan diaduk rata hingga tercampur sempurna. Adonan kemudian digulung dengan kulit lumpia dan digoreng hingga matang.


Untuk membuat ayam ngohiong yang enak, penting untuk memilih daging ayam yang segar dan berkualitas. Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti jamur, udang, atau sayuran sesuai selera. Selain itu, Anda dapat menyajikan ayam ngohiong dengan sambal kecap atau saus cabai untuk memberikan rasa yang lebih pedas.


Ayam ngohiong juga mengandung nutrisi yang cukup baik untuk tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Namun, karena makanan ini digoreng, sebaiknya dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.


Jadi, itulah resep ayam ngohiong yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba!


close